Ada banyak cara untuk memahami karakter siswa yang sedang dididik, terlebih di era teknologi yang sangat mengedepankan kecepatan dan ketepatan informasi. Hal ini akan sangat berguna untuk para pengajar di jenjang sekolah, terutama guru Bimbingan Konseling (BK).

 

Untuk mengakomodir kebutuhan guru-guru BK yang ada di Semarang dan sekitarnya, Biro Admisi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyelenggarakan Workshop Graphology for Edo, untuk lebih memahani karakter siswa melalui tulisan tangan. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan hari ini (22/11) di aula Gedung E Udinus ini mengundang ratusan guru BK di kota Semarang, Kendal, Purwodadi dan Pati yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK).  Ini

“Kegiatan ini adalah salah satu kontribusi Udinus untuk menunjang kinerja guru BK yang selama ini telah bekerjasama dengan kami dalam simbiosis mutualisme. Semoga semakin banyak kegiatan bermanfaat kedepannya, agar silaturahmi antara Udinus dan guru BK di Semarang dan sekitarnya terus terjaga,” papar Lilis Khusniati, M.Hum selaku Ketua Panitia acara ini.

 

Ilmu grafologi adalah ilmu untuk menganalisis pola tulisan tangan untuk mengidentifikasi kondisi psikologis  maupun karakter seseorang. Dalam hal ini, didatangkan ahli grafologi Maharani Kusumaningrum, M.Psi untuk membimbing para guru BK memahami karakter tulisan seseorang. “Ilmu grafologi dapat digunakan untuk memahami karakter seseorang, namun ini hanya penunjang dalam pengambilan keputusan. Pun demikian, pengetahuan grafologi akan membantu ibu bapak guru BK lebih menambah akurasi kondisi psikologis siswa-siswinya,” terang Maharani.

 

Selama beberapa jam, ratusan guru BK ini mengikuti pelatihan dengan penuh antusias. “Kami sangat senang dengan kegiatan pelatihan ini. Ilmunya akan menambah profesionalitas kami dalam menghadapi anak didik saat dalam pekerjaan,” tutur Pujiastuti, Ketua MGBK Kota Pati yang turut hadir. (*humas) 

 

GRAFOLOGI : Hari ini (22/11) rombongan MGBK Kota Pati dan ratusan guru BK dari Semarang dan sekitarnya mengikuti “Workshop Graphology for Edu” yang diselenggarakan Biro Admisi Udinus di aula Gedung E Udinus. Foto: Nining Sekar.