Belum lama ini, Himpunan Mahasiswa Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (HM RMIK)  Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyelenggarakan Workshop Public Speaking dan Komunikasi efektif yang diikuti oleh mahasiswa D3 Rekam Medis. Even ini mengambil tema “Komunikasi Efektif Guna Peningkatan Lifeskill Calon Perekam Medis”, yang  diisi dengan 3 materi pelatihan yaitu Komunikasi Efektif, Front Liner Services, dan Handling Complain. Adapun pematerinya adalah Devi Purnamasari,M.I.Kom , Mukaromah,M.I.Kom, dan Zahrotul Umami,M.I.Kom dari Progdi S1 Ilmu Komunikasi Udinus.

 

Pada pelatihan ini diajarkan bagaimana cara mengasah keterampilan berkomunikasi yang efektif.  Dimana sebagai seorang perekam medis akan melakukan kontak komunikasi dengan profesi lain seperti dokter, perawat, paramedis lain atau bahkan dengan pimpinan. Dalam materi Front liner service, para peserta diajarkan bagaimana cara melakukan pelayanan prima terhadap pasien/konsumen ketika bertugas di bagian front office. Sedangkan pada materi ke-3 tentang Handling Complain peserta diajarkan bagaimana melakukan penanganan pertama terhadap berbagai komplain yang ditujukan kepada mereka.

 

“Dengan pelatihan ini saya sangat termotivasi karena mendapat ilmu baru. Tidak hanya teori tetapi bahkan praktek. Dan semua peserta bisa merasakan karena satu per satu bisa langsung praktik maju ke depan,” tutur Dita salah satu peserta. Menurut Arif Kurniadi selaku Kaprogdi D3 RMIK,”  Pelatihan ini memang sengaja dibatasi pesertanya, untuk memaksimalkan  penyampaian materi. Selain itu supaya semua peserta bisa langsung merasakan praktik langsung.” Kegiatan ini dibagi menjadi 3 kelas sesuai materinya, dimana setiap kelas berisi maksimal 20 peserta dan dibuat sistem rolling peserta kelas A bisa pindah ke kelas B, kelas B ke kelas C begitu seterusnya. (*humas)

 

 

PELATIHAN : Suasana pelatihan public speaking yang diselenggarakan oleh D3 RMIK demi meningkatkan ketrampilan berkomunikasi efektif. Foto : Dok RMIK.