Menutup serangkaian kegiatan bulan ramadan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan acara Halal bi Halal di hari pertama kerja, Rabu (13/7). Bertempat di aula gedung E Udinus, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini diikuti oleh lebih dari empat ratus peserta.

Berbeda dengan tahun lalu, kali ini pada Halal bi Halal Idul Fitri 1437 H Udinus mengundang Ustadz Yusuf Manshur sebagai penceramah. Ustadz yang juga pengasuh Pondok Pesantren Daarul Qur’an ini memberi ceramah tentang manfaat dari doa. Ia menegaskan pentingnya percaya pada kekuatan doa. “Kita harus percaya betul dengan kekuatan doa, maka apapun bisa terjadi atas kehendak Allah”, ujarnya.

Meskipun demikian, tetap ada proses menuju terkabulnya doa yang diminta. Ia mencontohkan ketika manusia sedang menghadapi masalah, Allah bisa saja segera menolong kita, namun hal tersebut belum tentu cocok untuk manusia tersebut. “Doa juga mesti ada proses, kalau Allah segera menolong kita, belum tentu kita enak”, imbuhnya.

Di akhir ceramah, Ustadz yang juga sebagai pengusaha ini memberi nasihat pada civitas akademika Udinus yang pada akhir bulan nanti akan menjalani assesment untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). “Jangan biarkan proposal dan presentasi ada tanpa bimbingan Allah, mari kita berdoa”, terangnya.

Sementara itu, Rektor Udinus, Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., mengungkapkan acara Halal bi Halal ini merupakan tradisi Udinus setelah melaksanakan libur lebaran. Harapannya dengan saling bersalaman dan memaafkan, kinerja para dosen dan karyawan bisa meningkat. “ini sudah jadi tradisi usai libur lebaran. Kami saling bersalaman dan memaafkan, dengan begitu berarti tidak ada lagi masalah di antara kita”, ungkapnya.(humas)